• KPU Kab Magelang

  • Pilkada 2013

  • 1
  • 2

KPU Gelar Sosialisasi Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati 2013

 

Kota Mungkid_  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang akan menggandeng  organisasi Ikatan Dokter Indonesa (IDI) Kabupaten Magelang untuk merumuskan batasan dan ketentuan pemeriksaaan kesehatan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati dalam Pemilu  Bupati dan Wakil Bupati  ( Pibup)  Magelang Tahun 2013.

 

“ Kerjasama itu nantinya akan dituangkan dalam bentuk kesepakatan kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara KPU  dan IDI Kabupaten Magelang , yang nantinya secara resmi pula akan menunjuk Rumah Sakit  mana yang akan menjadi tempat pemeriksaaan kesehatan bapaslon”, Terang Janarto, SH, Kepala Sub Bagian Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat (Hupmas) KPU Kabupaten Magelang, saat menjawab pertanyaan peserta dalam Acara Sosialisasi Tata Cara Pencalonan dan Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati dalam Pilbup Magelang Tahun 2013, Sabtu (6/7) di Hotel Pondok Tingal, Borobudur Magelang.

Dijelaskan Janarto, batasan-batasan kondisi kesehatan seorangan bapaslon nanti akan ditentukan secara jelas setelah kesepakatan kerja sama ditanda tangai bersama.

M. Yasir Arrofat, SE, Komisioner KPU  Divisi Sosialisasi selaku narasumber utama dalam kesempatan yang sama menyampaikan pendaftaran bapaslon bupati dan wakil bupati  dibuka pada tanggal 22 – 28 Juli 2013, sedangkan pemeriksaaan kesehatan bapaslon dilaksanakan selama lima hari  yakni mulai tanggal 29 Juli – 2 Agustus 2013.

Dijelaskan lebih lanjut, bapaslon bupati dan wakil bupati dapat diajukan oleh partai politik peserta pemilu tahun 2009 yang memiliki perolehan suara sah minimal 97.945 suara  atau memperoleh i kursi  dalam pemilu 2009 di DPRD Kabupaten Magelang minimal 8 kursi , serta dapat juga diajukan melalui jalur perseorangan atau independen dengan memenuhi syarat dukungan minimal sejumlah  38.693 orang pendukung yang tersebar di 11 kecamatan atau lebih di Kabupaten Magelang.

Menjawab pertanyaan peserta mengenai mundurnya Ketua KPU Kabupaten Magelang, Drs Ari Wibowo, Komisioner KPU Divisi Kampanye, Hubungan Antar Lembaga dan Pengawaasan menjelaskan bahwa Ketua KPU Kabupaten Magelang, Ahmad majidun, MA telah mengundurkan diri sejak 22 Juni 2013 , selanjutnya posisi ketua dipegang Makmun Rakhmatullah, SAg hingga masa jabatan Komisioner KPU Kabupaten Magelang habis hingga akhir tahun 2013.

Sebagaimana diketahui, Ahmad Majidun, MA, mengundurkan diri karena mengikuti penjaringan bapaslon bupati lewat PDIP.

‘Meski tinggal 4 (empat) komisioner),  kinerja KPU Kabupaten Magelang tidak akan terganggu terutama dalam penyelenggaraan Pilbup Magelang Tahun 2013 ini”, ungkap Komisioner paling senior ini. (RED/Mediacenter KPU).